Bedugul / Danau Beratan

on Kamis, 04 Desember 2008

Danau Beratan merupakan danau kaldera dengan ketinggian 1231 m diatas permukaan laut, dengan luas 3,8 km serta kedalaman maksimal 22 m. Volume air danau ini 0,049 km3 dan merupakan danau tertutup. Danau ini terletak di Kabupaten Tabanan dan bisa dijangkau dari jalan Denpasar – Singaraja dalam waktu tempuh lebih kurang satu setengah jam.


Wisatawan dapat mengakses Danau Beratan melalui dermaga yang telah disediakan atau berhenti di sekitar Pura Ulun Danu Beratan. Di sini, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas rekreasi air juga dapat dilakukan di sini misalnya naik perahu bermotor keliling danau, parasailing, naik sampan (canoeing), banana boating, water skiing dan lain-lain. Danau Beratan merupakan tempat favorite bagi parawisatawan yang memiliki hoby memancing.


Wisatawan dapat istirahat di penginapan yang tersedia di sekitar danau sambil menikmati keindahan pemandangan di sekitar danau dengan Pura Ulun Danu-nya yang menawan.


Jika wisatawan mengunjungi Danau Beratan, mereka juga dapat mengunjungi obyek lainnya yang berdekatan seperti Kebun Raya Eka Karya di Bedugul yang merupakan tempat rekreasi yang menarik dengan udaranya yang sejuk dan pasar sayur dan buah di Candi Kuning yang dapat dijangkau hanya dalam beberapa menit saja. Berbagai jenis buah, sayur mayur serta rempah-rempah bisa dibeli di sini dengan pilihan yang cukup beragam.


Tidak jauh dari Pura Ulun Danu, wisatawan dapat melihat bangunan mesjid yang berdiri megah. Hal ini menunjukkan adanya toleransi keagamaan yang tinggi antara umat-umat yang berbeda agama.

0 komentar: