Kopi Toraja

on Minggu, 14 Desember 2008

ANDA yang kerap, atau setidaknya pernah, ke kedai kopi waralaba internasional seperti Excelso, Coffee Been, atau Starbucks pasti pernah mendapatkan menu kopi Toraja. Hmmm... aromanya harum bukan? Para penikmat kopi akan segera tahu, kopi Toraja bukan kopi biasa. Kopi Toraja dipercaya memiliki kualitas terbaik di dunia setelah kopi Jamaica.

Orang-orang Belanda dulu menyebut kopi Toraja sebagai Kallosi Celebes Coffee. Ditaman oleh para petani Toraja di perkebunan kopi di lereng-lereng pegunungan.

Ada dua jenis kopi di Toraja, robusta dan arabica. Kopi robusta Toraja memiliki cita rasa agak lembut namun aromanya tidak terlalu harum. Sedangkan kopi arabica Toraja memiliki citarasa yang tajam dengan aroma harumnya yang memikat.

Menikmati kopi di tengah udara dingin Toraja sungguh luar biasa. Anda bisa memperoleh kopi Toraja di Pasar Makale atau Pasar Rantepao. Di dua pasar ini, kopi dijual curahan. Baik yang sudah berbentuk bubuk atau masih biji. Terbuka kesempatan untuk tawar-menawar harga.

Wisatawan juga bisa mendapatkan kopi Toraja dalam kemasan yang dijual di toko-toko di Makale atau Rantepao. Ada kemasan plastik atau kemasan kertas. Ada produsen kopi Toraja yang cukup kreatif mengemasnya dalam kotak kayu berukir atau bambu dengan goresan khas Toraja sehingga menyerupai souvenir. Tersedia dalam ukuran kecil mapun besar. Tak perlu khawatir soal harga. Pasti terjangkau

0 komentar: